Home Travel Sejarah Laos Tersimpan di Museum Sisaket Vientiane

Sejarah Laos Tersimpan di Museum Sisaket Vientiane

190 views
0
SHARE

Mungkin tidak semua orang bisa melakukan travel ke seluruh dunia, karena begitu banyaknya tujuan dan daerah dari setiap negara yang memang dapat memanjakan mata para wisatawan.

Bagi yang belum pernah ke Laos, ini bisa jadi salah satu alasan tujuan berwisata ke sana. Karena di ibukota negara Laos – Vientiane, terdapat museum yang menyajikan kisah kelam negeri itu. Museum Sisaket, terletak di sudut Lane Xang Avenue dan Setthathirat Rue.

Komplek bangunan yang sekarang menjadi museum ini merupakan bentuk asli peradaban pada masa lampau. Selain ini, bangunan di Kota Vientiane merupakan bangunan baru. Hal ini dikarenakan pecahnya perang dengan Kerajaan Thailand. Semua bangunan dibakar dan barang berharga lainnya dijarah pada abad ke-18.

Pada masa itu, komplek bangunan digunakan oleh tentara Thailand dan digunakan untuk menyimpan senjata serta tempat tinggal. Bangunan ini pernah terlantar selama 15 tahun setelah tentara Thailand pergi dari tanah Laos.

Sisaket merupakan tempat dikumpulkannya patung-patung Buddha dari seluruh penjuru Laos. Sebanyak 10.136 patung Buddha terdapat di kolom-kolom dinding museum ini.

Patung Buddha yang memiliki ukuran bervariasi ini terbuat dari perunggu dan ada pula yang terbuat dari tanah maupun kayu. Pernah ada beberapa patung yang terdapat emas di atas kepala Buddha, tetapi karena perang dan jarahan, semuanya hilang dan hanya meninggalkan bekas berupa lubang saja.

Pada masa kolonial Perancis, Laos dibantu mengumpulkan kembali sisa-sisa penjarahan mereka. Semua hasil tersebut dikumpulkan pada museum Sisaket ini.

Sumber : detik.com

LEAVE A REPLY