Home Film First Man, Hikayat Moon Landing

First Man, Hikayat Moon Landing

2702
0
SHARE

20 Juli 1969 selalu menjadi tanggal yang diingat-ingat orang banyak karena peristiwa Moon Landing yang sangat bersejarah. Sebenarnya peristiwa tersebut melibatkan banyak pengorbanan di dalamnya dan First Man berusaha menceritakan semua itu.

First Man adalah sebuah film yang kita semua sudah tahu akhirnya. Niel Armstrong (Ryan Gosling) berhasil mendarat di Bulan dengan selamat dan pulang ke Bumi untuk menceritakan seluruh pengalaman dan pengetahuannya.

 

Yang jadi masalah di sini adalah, kita tidak pernah tahu apa yang terjadi di belakang Project Apollo hingga akhirnya First Man menceritakan semua proses yang terjadi sebelum Apollo 11 meluncur. Mulai dari Project Mercury, Gemini hingga akhirnya Apollo itu sendiri.

Dalam film ini kita diajak melihat secara langsung bagaimana sebuah negara adidaya terseok-seok memperjuangkan Space Program, karena takut dikalahkan oleh Uni Soviet yang kala itu berhasil mengirimkan manusia ke orbit melalui Vostok.

Sejak saat itu Amerika seperti kesetanan mengejar segala kemajuan yang dicapai Uni Soviet dengan segala cara. Bisa dibilang, tahun-tahun tersebut adalah golden age dari penjelajahan luar angkas.

Neil Armstrong adalah orang yang berada di tengah-tengah kekacauan itu. Dia harus berkali-kali melihat rekannya mati hanya karena NASA tidak memiliki formula pasti untuk terbang ke Bulan.

Bahkan Janet Armstrong (Claire Foy), melihat NASA sebagai sebuah organisasi yang tidak memiliki kontrol terhadap apa yang mereka lakukan. “Seperti anak-anak yang membuat pesawat-pesawatan dengan kayu balsa”.

Yang penuh digaris bawahi di sini, First Man adalah film drama ilmiah yang dipenuhi dengan dialog-dialog kaku yang diucapkan dengan kikuk oleh Ryan Gosling. Kami tidak tahu sifat asli Neil Armstrong, tapi kami yakin kalau dia juga kikuk seperti yang diperlihatkan oleh Ryan Gosling.

Walaupun diambil dari kisah nyata, film ini masih memiliki bagian fiksinya sendiri. Jadi jangan heran kalau kamu menemukan beberapa kejanggalan dan waktu yang sedikit bergeser ketimbang kisah aslinya.

First Man, adalah sebuah film drama ilmiah yang tidak bisa dikonsumsi semua orang. Plotnya yang cukup lambat dan berbagai dialog yang emotionless, membuat kamu merasakan betapa beratnya proses untuk menikmati film ini ketimbang film drama biasa.

Pada akhirnya kami sanggup mengganjar First Man dengan nilai 7.6/10.