Home Lifestyle Dinan Hadyan, Menyampaikan Pesan Visual Pada Sang Idola Melalui Seni

Dinan Hadyan, Menyampaikan Pesan Visual Pada Sang Idola Melalui Seni

70 views
0
SHARE

Fanart bisa didefinisikan sebagai sebuah karya seni berupa gambar yang dibuat oleh seseorang, di mana gambar tersebut menyerupai atau merujuk pada suatu tokoh atau karakter tertentu yang sudah ada sebelumnya. Tokoh atau karakter tersebut bisa berasal dari komik, film, atau video game.

Salah satu illustrator yang sangat lihai dalam membuat fanart dengan tokoh yang ia suka adalah Dinan Hadyan. Dinan Hadyan, menampilkan karya yang ia buat dengan mengangkat sisi lain dari fanartnya yang lebih mengarah pada K-Pop. Terutama hubungan idol dan fans serta sisi lain dari idol. Baginya, fanart bukan hanya sekedar menggambar idola, namun sebagai perwujutan visual dari seorang fans pada idola.

Salah satu karyanya yang paling unik adalah  menjadikan salah satu anggota EXO yaitu Sehun menjadi muse-nya dengan tema “Artificial Lover.” Dinan menggunakan media cat air dan kolase portrait yang unik. Dalam karya utamanya, Dinan menggambarkan sosok sang idola dalam 2 sisi, sisi sempurna dalam bentuk Sehun EXO dan sisi manusia biasa sebagai Oh Sehun.

Yang unik, Dinan merobek-robek karyanya yang memperlihatkan citra Sehun EXO dan menumpuknya diatas lukisan Oh Sehun, yang mengartikan yang menunjukkan layered dari idol-nya yang bersinar, sedangkan di dalamnya, sang idol adalah manusia biasa.

Selain membuat gambar ilustrasi, saat ini Dinan juga tengah disibukkan dengan berbagai projek. Mulai dari kolaborasinya bersama illustrator lainnya dalam pameran Respective Perspective,  mengadakan workshop, dan juga membuat cover sebuah buku novel berjudul “Assallamualaikum Oppa.”  

“Dari semua projek, yang paling berkesan adalah saat melakukan workshop. Ada kesenangan sendiri saat mengetahui banyak orang yang mempunyai ketertarikan sama, dan mau belajar bersama.” Kata Dinan saat ditemui di acara Popcon 2017.

Dalam acara Popcon 2017, Dinan tidak sendirian, Ada Dini Hadyan yang merupakan kakaknya sendiri yang fokus pada artwork parenting degan desain melalui cat air, juga tiga teman lainnya, yaitu Dessy Safira, Tri Asrie Khalidya, dan Adinda Maya.

Dok. Foto. Terlampir ( DInan Hadyan sebelah kanan )

LEAVE A REPLY