Home Lifestyle Jelajah Putri 7 Puncak 2 Kutub 7 Pilar Edukasi Menggapai Aconcagua,...

Jelajah Putri 7 Puncak 2 Kutub 7 Pilar Edukasi Menggapai Aconcagua, Puncak Tertinggi di Selatan Bumi

9,565 views
0
SHARE

Aconcagua (6.962 mdpl) punya tempat khusus dihati semua pecinta dan penjelajah alam Indonesia. Dua puluh enam tahun silam, kisah pendakian dramatis Norman Edwin (1955-1992) dan Didiek Samsu (1964 – 1992) pada tahun 1992 akhirnya harus diakhiri dengan gugurnya kedua anggota Mahasiswa Pecinta Alam Universitas Indonesia (MAPALA UI). Badai dan cuaca buruklah yang mengubur angan mereka untuk mencapai puncak tertinggi di selatan bumi itu, walapun jarak hanya tinggal beberapa ratus meter dari puncak.

Jiwa dan semangat para pionir tersebut menginspirasi para pendaki dan pecinta alam muda dan jejak kedua pejuang tersebut akhinya diikuti oleh ekspedisi – ekspedisi selanjutnya seperti tim pendaki MAPALA UI pada tahun 1993, tim pendaki The Seven Summits MAHITALA Universitas Parahyangan (UNPAR) pada tahun 2011, dan tim pendaki wanita The Seven Summits MAHITALA UNPAR pada tahun 2016.

Kini, Putri Handayani, 34 tahun, alumni Fakultas Teknik Universitas Indonesia ( FTUI) terinspirasi oleh ekspedisi legendaris itu dan akan mendaki puncak tersebut. Didukung oleh Ikatan Alumni Universitas Indonesia (ILUNI UI), bekerja sama dengan ILUNI FTUI dan Kamuka Parwata FTUI, program bernama JELAJAH PUTRI ini diluncurkan secara resmi dan diselenggarakan di bawah naungan ILUNI UI, mengangkat tema: 7 Puncak, 2 Kutub, 7 Pilar Edukasi. JELAJAH PUTRI adalah sebuah misi yang menggabungkan Penjelajahan dan Pendidikan.

JELAJAH PUTRI bertujuan untuk menjadi orang Indonesia dan perempuan Asia Tenggara pertama yang menyelesaikan “The Explorers Grand Slam”, yakni predikat yang didapat ketika berhasil mendaki puncak-puncak tertinggi di 7 benua dan menjelajah dengan kaki ke Kutub Utara Geografis dan Kutub Selatan.

Penjelajahan ini juga membawa misi Pendidikan dengan 7 ruang belajar yang disimbolkan dengan 7 pilar edukasi, serta 7 discovery camps seusai tiap ekspedisi, dimana pembelajaran dibidang STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) berbasis alam dan lingkungan, akan dibangun dan dilaksanakan. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan minat anak-anak di pedalaman nusantara, terutama perempuan, untuk mendalami bidang-bidang tersebut.

Putri menyebutkan bahwa pendakian Aconcagua ini merupakan puncak ke empat dari rangkaian The Explorers Grand Slam. Putri, yang direncanakan akan berangkat ke Argentina pada tanggal 26 Januari nanti, menjadikan pendakian-pendakian sebelumnya sebagai pembelajaran berharga untuk bekal pendakiannya ke Aconcagua.

Ketua Umum ILUNI UI, Arief Budhy Hardono, mengatakan bahwa ILUNI UI mendukung secara penuh program ini, karena misinya bukanlah hanya sekedar pendakian namun suatu penjelajahan yang holistik untuk membawa perubahan dan kontribusi dalam bidang pendidikan di Papua dan daerah pedalaman Indonesia lainnya. Arief mengajak semua pihak terutama pemerintah , media dan stakeholder lainnya untuk mendukung ekspedisi ini.

Berikan Pendapat Anda

LEAVE A REPLY