Home Lifestyle Johanes Park & Jessica Leman, Pulang ke Indonesia Demi Komik Lokal Gula...

Johanes Park & Jessica Leman, Pulang ke Indonesia Demi Komik Lokal Gula Komik

941 views
0
SHARE
Processed with VSCO with preset

Johanes Park & Jessica Leman adalah pasangan sejoli yang rela pulang ke Indonesia demi mempublikasikan komik buatan mereka, Gula Komik. Keduanya telah menyelesaikan sekolah S1 di Kyungsung university, Korea Selatan untuk jurusan Digital Animation.

Pertemuan keduanya berawal dari project kuliah yang akhirnya terciptalah sebuah karakter komik berjudul Gula komik. Gula komik sendiri adalah karakter seorang gadis kecil yang memiliki rambut pink dengan jambang melingkar seperti gulali. Diceritakan gadis yang masih menduduki sekolah dasar ini tinggal di Indonesia bersama seorang penyihir.

Hingga saat ini, perkembangan dari komik tersebut mendapat banyak sambutan hangat terutama  bagi anak-anak di Indonesia. Bahkan dalam waktu dekat ini, karakter yang mereka ciptakan akan segera mendapat Hak Paten Indonesia.

Seperti yang diketahui, kebutuhan hak cipta untuk karakter fiksi sudah sangat menjadi sesuatu yang paling penting di Industri kreatif  lokal yang sudah semakin berkembang dan akan berjalan tidak optimal jika tanpa proteksi hak cipta.

Kesulitan yang keduanya hadapi saat ini adalah tidak adanya koneksi di Indonesia, membuat karyanya sulit jika ingin dipublikasikan dan berkolaborasi bersama komikus lainnya. Salah satu media yang saat ini digunakan untuk mempromosikan kedua karyanya yaitu melalui media digital,termasuk mengikuti webtoon challenge.

Selama di Korea, keduanya juga megamati perbandingan antara komik Korea dengan di Indonesia,dan memutuskan untuk membuat karakter Indonesia yang mempunyai keberagaman agar bisa dikenal lebih luas.

LEAVE A REPLY