Home Movies Annabelle: Creation, Proses Penciptaan Sang Boneka Terkutuk

Annabelle: Creation, Proses Penciptaan Sang Boneka Terkutuk

184 views
0
SHARE

Tampaknya demam membuat universe sendiri sudah merasuki setiap sisi dan genre yang ada di Hollywood. Kalau sebelumnya kami menyaksikan bagaimana Jhon Wick dan The Mummy menjadi sebuah universe sendiri, kini kita diajak untuk menyaksikan lahirnya sebuah universe film yang berasal dari berbagai adaptasi kisah paranormal yang pernah disutradarai oleh James Wan.

Conjuring Universe katanya akan menceritakan backstory dari masing-masing tokoh hantu, kayak Annabelle, The Crooked Man, dan Valak.  Memang kesannya seperti memerah franchise-franchise tersebut, tapi mau bagaimana lagi, dunia horor James Wan memang sangat menarik untuk digali.

Annabelle: Creation merupakan sekuel dari film spin-off The Conjuring, Annabelle, yang rilis di tahun 2014 silam. Dengan sepasukan kru dan pemain yang berbeda dari seri sebelumnya, Annabelle: Creation mengungkap kisah seorang pembuat boneka dan istrinya.

Setelah sempat mengalami tragedi kehilangan seorang putri, mereka menampung penghuni panti asuhan di rumah mereka. Namun tak lama setelah mempersilahkan anak-anak dan biarawati tinggal di kediaman mereka, berbagai keanehan mulai terasa. Banyak di antara anak-anak tersebut merasa dihantui oleh boneka Annabelle, salah satu kreasi sang pembuat boneka yang dirasuki iblis. Mampukah mereka lolos dari teror Annabelle?

Tampuk penyutradaraan Annabelle beralih dari John R. Leonetti ke tangan David F. Sandberg di film ini. Sebelumnya, Sandberg juga mengarahkan Lights Out, sinema horor yang masih satu produksi dengan seri The Conjuring. Jajaran pemain Annabelle: Creation tak dihuni oleh artis-artis Hollywood kelas A. Film ini hanya mengusung Stephanie Sigman yang pernah berpartisipasi di Spectre (2015), juga Anthony LaPaglia, aktor veteran Australia yang sempat membintangi seri film animasi Happy Feet.

Annabelle: Creation punya banyak kesamaan dengan Ouija: Origin of Evil (2016). Keduanya sama-sama cerita yang berangkat dari objek biasa yang jadi angker lantaran dihantui. Keduanya sama-sama membahas asal mula kenapa bisa terjadi. Keduanya sama-sama jauh lebih bagus dari film pertama mereka.

Paruh pertama dari Annabelle: Creation dipenuhi dengan banyak jumpscare yang cukup melelahkan. Rasanya berbagai jumpscare muncul silih berganti tanpa memberikan waktu istirahat yang cukup. Tampaknya hal ini disengaja oleh Sandberg, mengingat film ini memiliki plot yang sangat lemah di awal cerita dan baru menguat di akhir.

Beberapa jumpscare yang dimunculkan terasa sedikit tua dan kedodoran, apalagi kalau dibandingkan dengan The Conjuring 2 yang dipenuhi dengan berbagai jumpscare jenius tanpa unsettling atau silent moment. Tapi secara pribadi kami sangat menikmati setiap momen jumpscare yang dihadirkan oleh Sandberg.

Pada akhirnya kami menikmati Annabelle: Creation melebihi berbagai film horor yang hadir di tahun 2017 ini. Get Out juga tampil luar biasa, tetapi genrenya yang unik membuat kami melupakan sisi horornya dan lebih mengingat sisi dark humornya. Annabelle: Creation sanggup kami ganjar dengan nilai 8/10.

 

 

 

LEAVE A REPLY