Home Movies La Petite Fact: Black Panther, Wakanda dan Vibranium

La Petite Fact: Black Panther, Wakanda dan Vibranium

8,690 views
0
SHARE

Film Black Panther menuai sukses besar di bioskop seluruh dunia. Semua orang menyukai sosok T’challa yang diperankan oleh Chadwick Boseman. Sebenarnya Black Panther memiliki sejarah panjang di Marvel Comic, jauh sebelum MCU dibuat dan melambungkan nama Black Panhter. 

Nah, dari pada kamu bingung dengan segala fakta yang berseliweran di internet, mendingan kamu membaca rangkumannya di sini. Hanya di La Petite Fact atau fakta kecil khas KlikGame.com.

#1. Buah Karya Stan Lee dan Jack Kirby

Black Panther merupakan salah satu karya duo legendaris Stan Lee dan Jack Kirby. Karakter ini pertama kali muncul pada tahun 1966 melalui komik Fantastic Four #52. Bisa dibilang Black Panther adalah karakter Afro Amerika pertama yang muncul di dalam komik Amerika. 

Kemunculan Black Panther kemudian diikuti dengan Falcon (1969) dan Luke Cage (1972). Sejak situ kehadiran karakter Afro Amerika dianggap jamak dalam industri komik. DC juga menyusul langkah Marvel dengan merilis John Stewart (1971) sebagai salah satu anggota Green Lantern.

#2. Wakanda

Wakanda merupakan sebuah negara fiksi yang hadir di Afrika Timur. Menurut berbagai sumber Wakanda berada di dekat Tanzania. Sementara itu di Marvel Atlas #2, Wakanda digambarkan dekat dengan danau Turkana dan berdekatan dengan Uganda, Sudan, Somalia, Ethiopia dan Kenya.

Wakanda digambarkan sebagai sebuah negara kecil dengan teknologi yang sangat maju karena kehadiran Vibranium. Material ini sangat berharga karena sangat langka dan bernilai jual tinggi. Melalui jual beli material ini para pemuda Wakanda bisa bersekolah di luar negeri dan menjadi ahli di suatu bidang.

Keahlian tersebut kemudian mereka bawa pulang ke Wakanda sehingga mereka bisa menerapkan pengetahuan mereka di Wakanda. Dari para ahli tersebut munculah berbagai teknologi seperti misalnya kendaraan yang melayang tanpa gravitasi, meriam tenaga tinggi dan banyak lagi.

Karena sangat kaya dan makmur, Wakanda akhirnya memutuskan diri untuk menutup dari dunia luar demi mencegah penyalahgunaan teknologi dan material yang mereka miliki. Bagi para penduduk Wakanda, manusia di luar belumlah sebijak mereka untuk urusan penguasaan terhadap kekuatan yang tidak ada batasannya.

#3. Vibranium

Vibranium adalah salah satu material langka yang hadir di dunia Marvel. Material ini datang dari luar Bumi dan ternyata memiliki berbagai tipe. Ada versi Wakanda, Antartika dan Artificial.

Versi Wakanda bisa dibilang sebagai Vibranium yang paling stabil. Versi Wakanda memiliki kemampuan untuk menyerap bunyi dan energi kinetik yang menerpanya. Sampai detik ini tidak diketahui batasan kemampuan dari Vibranium menyerap energi kenetik dan bunyi, Tapi yang jelas bila Vibranium mencapai batasnya, dia akan hancur dengan sendirinya.

Versi yang kedua adalah versi Antartika yang disebut sebagai Anti-Metal. Versi ini disebut sebagai anti metal karena memiliki sifat untuk menyerap metal lainnya. Kemampuan menyerap metal lain ini diperoleh karena Vibranium versi Antartika bisa menghasilkan gelombang spesifik yang dibutuhkan untuk melelehkan metal-metal yang ada di dekatnya sehingga menyatu dengan Vibranium.

Versi yang terakhir adalah versi Artificial alias buatan manusia. Versi ini memiliki dua varian. Varian yang pertama adalah NuForm yang memiliki properti Vibranium tetapi cenderung berubah menjadi Anti-Metal bila tidak dihujani dengan gelombang microwave. Sementara itu versi yang kedua Reverbium yang selalu melakukan amplifikasi pada suara dan energi kinetik sebelum akhirnya meledak tidak terkendali.

#4. Vibranium vs. Adamantium

Vibranium dan Adamantium sebenarnya masih saudara dekat. Bedanya Adamantium adalah material yang dibuat oleh Myron MacLain merupakan penggabungan Vibranium dengan berbagai material Bumi lainnya seperti besi. Untuk menggabungkan beberapa materi tersebut, MacLain membutuhkan sebuah katalis khusus yang proses pembuatannya sangat mahal.

Nantinya proses penggabungan tersebut menghasilkan Proto Adamantium yang digunakan untuk membuat tameng Captain America. Dalam percobaan selanjutnya, MacLain membuang Vibranium dan menggantinya dengan berbagai elemen lain. Proses ini berhasil dan dinamai True Adamantium. Material inilah yang ada di badan dan cakar Wolverine.

Untuk urusan kekuatan, keduanya sama kerasnya dengan properti yang sedikit berbeda. Adamantium tidak bisa menyerap energi kinetik dan suara layaknya Vibranium. Sebagai gantinya, Adamantium tidak memiliki kapasitas layaknya Vibranium sehingga bisa digunakan terus.

#5. Vibranium dan Teknologi Wakanda

Dalam filmnya Black Panther tidak menjelaskan efek dari Vibranium bagi ekonomi dan teknologi Wakanda. Tapi bila kamu penasaran efek dari kehadiran Vibranium bagi sebuah negara, kami punya penggambaran riil apa yang terjadi kalau material tersebut benar-benar ada di Bumi ini.

Vibranium digambarkan sangat keras, itu artinya material ini bisa dibuat setipis dan seringan mungkin tetapi tetap memiliki daya tahan yang sama dengan besi atau alumunium yang ada di Bumi.

Dengan material yang tipis, berarti siapapun yang membuat benda ataupun alat katakanlah sebuah mobil, bisa memperoleh efisiensi yang di atas normal. Sekarang bayangkan bila kamu bisa memproduksi sebuah motor yang memiliki mesin 125cc tetapi bobotnya tidak lebih dari sepada biasa. 

Bisa dipastikan efisiensi daya motor tersebut di atas rata-rata motor lainnya. Itu baru motor, bayangkan kalau kamu membuat pesawat ataupun hal lainnya yang biasanya membutuhkan banyak logam dan sangat berat. Hasilnya, semua bisa dibuat serba ringan sehingga sangat efisien dan sangat cepat.

Bisa dibilang kehadiran material baru seperti Vibranium akan mengubah berbagai pakem rumus fisika dan matematika yang biasa digunakan untuk membuat sesuatu. Selama ini kita terbentur dengan proses konversi energi dari bahan bakar yang hanya mencapai 30 persen. Alias 70 persen sisanya berubah menjadi panas atau tidak berubah menjadi energi. Sekarang bayangkan bila kamu menggunakan Vibranium. Bisa-bisa konversi itu melonjak menjadi 60 bahkan 70 persen energi, sementara 30 persennya adalah panas.

Nah, itulah tadi sedikit gambaran mengapa Vibranium memiliki kekuatan ekonomi sehingga membuat negara kecil seperti Wakanda memiliki tekonologi di atas normal negara lainnya. 

#6. Radiasi Vibranium

Suka atau tidak suka Vibranium memiliki efek samping yang bisa dibilang berbahaya. Vibranium yang merupakan benda asing memiliki radiasi yang menyebabkan tumbuhan dan hewan di sekitarnya mengalami mutasi.

Salah satu efek radiasi yang terkenal adalah tumbuhan berbentuk hati yang dimakan para anggota klan Black Panther dan gorila putih yang dimakan para anggota klan White Gorilla. Tumbuhan dan hewan tersebut memberikan kemampuan super human pada siapapun yang mengkonsumsinya.

Berikan Pendapat Anda

LEAVE A REPLY