Home Internasional Western Digital Akan Mempercepat Masa Depan Arsitektur Komputasi Generasi Berikut

Western Digital Akan Mempercepat Masa Depan Arsitektur Komputasi Generasi Berikut

109 views
0
SHARE
Circuit board with CPU. Motherboard system chip with glowing processor. Computer´s technology and internet concept. 3d illustration

Western Digital Corp. (NASDAQ: WDC) hari ini di Lokakarya RISC-V ke-7 mengumumkan niatnya untuk memimpin transisi industri menuju arsitektur komputasi terbuka dan dibuat-khusus untuk menjawab kebutuhan aplikasi yang semakin luas akan sebuah dunia yang berpusat pada data. Dalam sambutan pembukaannya, Western Digital Chief Technology Office Martin Fink membahas komitmen perusahaan ini untuk membantu memimpin pengembangan lingkungan komputasi yang berpusat pada data melalui RISC-V Foundation. RISC-V adalah sebuah arsitektur komputasi terbuka dan skalabel yang akan memampukan berbagai aplikasi dan beban kerja Big Data dan Fast Data dalam inti data center cloud dan dalam sistem-sistem jarak jauh dan mobile di edge. Peran kepemimpinan Western Digital dalam inisiatif RISC-V adalah signifikan karena perusahaan ini bertujuan mempercepat perkembangan teknologi ini serta ekosistem terkait dengan memindahkan konsumsi prosesornya sendiri – lebih dari satu milyar inti per tahun – ke RISC-V.

Seiring dengan semakin banyaknya lingkungan Big Data dan Fast Data, mereka mendobrak batasan infrastruktur dan arsitektur sistem tradisional. Berbagai teknologi dan arsitektur “general-purpose” yang sudah ada sejak beberapa dekade lalu sudah mencapai batas dalam hal skalabilitas, kinerja dan efisiensi. Beban kerja general-purpose yang didukung arsitektur general-purpose biasanya memiliki rasio seragam dalam sumber daya proses, seperti proses sistem operasi (OS), proses offload khusus, memori, penyimpanan data, dan interkoneksi. Karena Big Data semakin besar dan cepat, dan Fast Data juga semakin cepat dan besar, pendekatan ‘satu ukuran untuk semua’ dari komputasi general-purpose gagal memenuhi beban kerja aplikasi yang semakin majemuk dari dunia kita yang berpusat pada data.

Lingkungan yang Berpusat Pada Data

Seiring dengan semakin banyaknya beban kerja Big Data dan Fast Data, arsistektur komputasi yang berpusat pada data akan membutuhkan kemampuan untuk skalabilitas sumber daya, independen dengan yang lain. Arsitektur masa depan akan butuh untuk melampaui rasio sumber daya terbatas dan standar dari arsitektur komputasi general-purpose dan memampukan solusi-solusi yang dibuat khusus dengan tingkat data optimal dari proses OS, proses khusus, memori, penyimpanan dan interkoneksi. Beban kerja data dan komputasi yang ekstrim untuk analitik, pembelajaran mesin, kecerdasan buatan dan sistem cerdas membutuhkan lingkungan yang dibuat khusus.

“Western Digital adalah pemimpin dalam produk dan teknologi penyimpanan, dan kami sekarang memperluas kepemimpinan tersebut ke arsitektur komputasi terbuka dan berpusat pada data,” kata Mike Cordano, President dan Chief Operating Officer, Western Digital. “RISC-V akan memampukan seluruh industri untuk mewujudkan keuntungan dari arsitektur-arsitektur generasi berikut, sekaligus memampukan kita untuk menciptakan lebih banyak perangkat, platform dan sistem penyimpanan yang dibuat khusus untuk aplikasi-aplikasi Big Data dan Fast Data. Kita sekarang berpindah dari sekedar menyimpan data ke membuat lingkungan yang akan memampukan pengguna untuk mewujudkan nilai dan kemungkinan data mereka.”

Memindahkan Komputasi Lebih Dekat ke Data

Western Digital adalah penyedia terkemuka solusi-solusi untuk menangkap, menyimpan, mengakses dan mengubah data. RISC-V akan memampukan perusahaan ini untuk berpartisipasi dalam, dan memanfaatkan komunitas investor yang luas, yang berfokus dalam membawa daya proses dalam jumlah yang semakin banyak, lebih dekat ke data. Seiring dengan perpindahan daya komputasi lebih dekat ke data, pelanggan akan bisa meminimalkan pergerakan data di edge dan di dalam data center, mengoptimalkan proses berdasarkan kebutuhan lokasi, beban kerja atau nilai-waktu.

Mempercepat Ekosistem RISC-V

Untuk berkontribusi menuju kemajuan dan keberhasilan ekosistem RISC-V, Western Digital berencana memindahkan pengembangan inti, prosesor dan kontroler masa depan ke arsitektur RISC-V. Western Digital saat ini mengonsumsi lebih dari satu milyar inti prosesor tiap tahunnya di seluruh portofolio produknya. Perpindahan ini akan terjadi secara bertahap dan ketika selesai, Western Digital berharap akan mengapalkan dua milyar inti RISC-V tiap tahunnya. Perusahaan ini berkomitmen dalam memajukan teknologi RISC-V untuk penggunaan dalam aplikasi-aplikasi mission-critical, yang bisa digunakan dalam produk-produknya.

Western Digital terlibat di kemitraan aktif dan investasi dalam mitra-mitra ekosistem RISC-V. Western Digital baru-baru ini menyelesaikan investrasi strategis dalam Esperanto Technologies, pengembang solusi-solusi komputasi kinerja tinggi yang efisien penggunaan dayanya, berbasis di arsitektur RISC-V terbuka. Esperanto, yang bermarkas di Mountain View, California, memiliki tim ahli yang terdiri dari para insinyur prosesor dan software yang berpengalaman, dengan tujuan menjadikan RISC-V arsitektur pilihan untuk aplikasi yang intensif komputasinya, seperti pembelajaran mesin.

“Gerakan open source telah memperlihatkan ke dunia bahwa inovasi dimaksimalkan dengan sebuah komunitas besar yang bekerja menuju sebuah tujuan Bersama,” kata Fink. “Karena itu, kami menyediakan seluruh pekerjaan logis RISC-V kami ke komunitas. Kami juga mendorong kolaborasi terbuka di antara seluruh partisipan industri, termasuk para pelanggan dan mitra kami, untuk membantu memperluas dan mempercepat upaya-upaya ini. Bersama-sama, kita bisa mendorong inovasi yang berpusat pada data dan memastikan RISC-V menjadi cerita keberhasilan Linux berikutnya.”

Untuk informasi lebih lanjut tentang pengumuman RISC-V atau untuk melihat rekaman sambutan Martin Fink di Lokakarya RISC-V ke-7, kunjungi http://innovation.wdc.com.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai RISC-V Foundation dan Lokakarya RISC-V ke-7, kunjungi https://riscv.org.

Berikan Pendapat Anda

LEAVE A REPLY