Home Film Smallfoot, Usaha Para Yeti Memahami Manusia

Smallfoot, Usaha Para Yeti Memahami Manusia

3023
0
SHARE

Saat mendengar kata “animasi” pasti yang pertama kali kami ingat adalah Disney, Pixar dan Dreamwork. Sebenarnya dunia film memiliki satu studio lagi yang selalu menghantarkan film-film animasi kelas atas, studio tersebut bernama Warner Animation Group (WAG). Baru-baru ini WAG merilis film animasi musikal pertama mereka yang berjudul Small Foot.

Small Foot berkisah pada sekawanan Yeti yang tinggal di ujung gunung. Mereka memiliki pengetahuan yang berasal dari kepingan batu yang dijaga oleh Stonekeeper (Common). Suatu hari Migo (Channing Tatum), seorang yeti muda, ditugaskan untuk berlatih demi menggantikan tugas ayahnya.

Ayah Miogo, Dorgle (Danny DeVito), merupakan pemukul gong yang harus membangunkan matahari setiap hari dengan kepalanya. Yes, kamu tidak salah dengar, bagi para Yeti matahari adalah siput bercahaya raksasa yang harus dibangunkan setiap hari. Sementara itu tempat mereka tinggal adalah “kotoran” dewa Yak yang berbentuk gunung dan dipanggul oleh para banteng.

Pengetahuan dan kepercayaan tersebut dipegang teguh oleh Migo, hingga akhirnya dia terlempar ke balik gunung dan bertemu dengan Smallfoot, atau yang kita kenal sebagai manusia. Padahal di kepingan batu yang dipegang oleh Stonekeeper mengatakan kalau Smallfoot itu tidak ada.

Merasa menemukan sesuatu yang aneh, Migo melaporkan temuan itu ke Stonekeeper. Reaksi Stonekeeper ternyata sangat mengejutkan! Migo diasingkan dari desa dan baru boleh kembali setelah dia merenungkan ucapannya. Migo yang merasa berkata jujur, memutuskan untuk turun ke bawah gunung, menuju “kehampaan” demi mencari bukti kalau omongannya benar.

Di sisi lainnya, Percy (James Corden) yang merupakan petualang dan pecinta binatang. Sedang mencari bahan agar rating acaranya naik. Saat keluar dari bar tempat minum-minum, dia tidak sengaja bertemu dengan Migo. Bagaimana reaksi Percy melihat Migo? Apa yang bakal dia lakukan?

Smallfoot merupakan film musikal yang dipenuhi dengan lagu-lagu modern. Jadi jangan ragu-ragu dengan kualitas musik yang dihadirkan, sebab telinga kami saja yang cenderung sangat pemilih bisa menikmati semua musik yang disajikan di sini. Bahkan “Let it Lie” yang dibawakan oleh Common berhasil membuat kami iba pada karakter Stonekeeper yang semua perbuatannya ternyata masuk akal dan memiliki alasan khusus.

Dari sisi animasi Warner Animation Group sepertinya cari aman dengan menerapkan desain karakter yang agak generik ketimbang Pixar yang selalu mencoba desain baru atau animasi dengan tingkat kerumiatan yang sangat tinggi. Yah, tidak ada yang buruk di sini tapi kami sedikit merasa kalau animasi yang ditampilkan sangat biasa dan cenderung mudah dilupakan.

Secara garis besar Smallfoot adalah hiburan keluarga yang lengkap. Animasinya lumayan, ceritanya berkesan, jokenya pas dan memiliki pesan moral. Hasilnya film ini kami ganjar dengan nilai 7/10. Oke banget untuk ditonton bersama anak atau keluarga.