Home Travel Jerman Rancang Kereta Api Futuristis yang Friendly Buat Travelers dan Gamers

Jerman Rancang Kereta Api Futuristis yang Friendly Buat Travelers dan Gamers

220 views
0
SHARE

Perkembangan moda transportasi turut mewarnai era menuju peradaban baru. Setelah trend aplikasi transportasi online, industri mobil juga mulai merancang model kendaraan dengan sumber daya baru (misal mobil listrik buatan Tesla) maupun fitur auto self drive
yang dapat berjalan tanpa pengemudi. Well, di Jerman, pengembangan teknologi muktahir ternyata tidak sebatas pada kendaraan pribadi. Baru-baru ini perusahaan kereta api nasional Jerman (di sini KAI) merancang rangkaian dengan lokomotif
automatic tanpa masinis. Dan, bagian terbaik selanjutnya adalah konsep kabin di setiap gerbong.

 

Perusahaan Kereta Api Jerman menyewa jasa kontraktor untuk mendesain gerbong dilengkapi fasilitas menyenangkan- terutama bagi para gamer. Dengan konsep “Ideenzug” Deutsche Bahn (“Kereta Idea”), kabin gerbong disulap menjadi wahana digital diantaranya TV dan konsol game. Tidak itu saja, meski pada space yang terbatas, di beberapa gerbong juga tersedia peralatan olahraga dan area bermain untuk anak-anak. Kursi penumpang juga terbagi ada yang memiliki kursi putar yang berputar (dilengkapi tambahan di kedua sisinya untuk privasi), sementara buat penumpang yang suka dengan model konvensional tersedia kursi yang menghadap ke belakang.

Perjalanan kereta api juga berubah di tempat lain, beberaoa modifikasi menitikberatkan pada energi baru (green energy) dan perjalanan yang lebih cepat. India, misalnya, baru-baru ini memulai debutnya sebuah kereta bertenaga surya, sementara Jepang dikenal dengan “Shinkansen” kereta berkecepatan peluru.

Saat ini replika kereta Deutsche Bahn tengah dipamerkan kepada publik. Perusahaan kereta api itu mencanangkan proyek ini sebagai jalan untuk mengimbangi atau menyaingi trend kenyamanan mobil self-driving.

Proyek ini juga akan mengakomodasi kebutuhan para traveler modern maupun para pegawai. Seseorang yang ingin berolahraga, mengejar pekerjaan, dan menikmati beberapa tindakan multipemain dalam perjalanan ke tempat tujuan mereka. Semuanya, meski sepertinya belum lengkap tanpa Netflix.

 

Gagasan kereta api tanpa awak memang bukan hal baru dan Jerman ingin memperkenalkan kepada warganya dengan cara menyenangkan.
Namun untuk mewujudkannya masih perlu pembahasan terkait regulasi dan keamanan. Sejumlah perwakilan warga Jerman menganggap konsep kereta baru itu terlihat nyaman tapi mereka tidak yakin apakah akan lolos peraturan keamanan. Salah satu concern tertuju pada peralatan olahraga, sedangkan untuk fasilitas gaming sepertinya tidak masalah, dilansir surat kabar Jerman, Süddeutsche Zeitung.

Berikan Pendapat Anda

LEAVE A REPLY