Home Esports Venue Spotlight: Dunia Games Stadium, Arena Esports Terbesar

Venue Spotlight: Dunia Games Stadium, Arena Esports Terbesar

5720
0
SHARE

Pesatnya perkembangan esports di Tanah Air semakin menggembirakan. Merespon tingginya animo dan minat pada dunia olahraga elektronik ini, Telkomsel melalui Metra Digital Media menggagas sebuah wahana esports: Dunia Games Stadium (DG Stadium). Pekan ini redaksi KlikGame mengunjungi venue yang berlokasi di kawasan Pluit, Jakarta Utara tersebut dan berkesempatan menjumpai pihak Optima selaku pengelola. Selain sebagai arena bertanding, tempat ini juga bisa digunakan sebagai gaming center, bootcamp/base tim, coaching clinic dan juga function hall. Apa saja fasilitas utama dan penunjang lainnya yang dipersiapkan di stadion eSports terbesar dengan luas total 1.400 meter persegi ini? Yuk, simak liputannya berikut.

Sejak diperkenalkan pada awal 2018, Dunia Games Stadium telah menggelar beberapa turnamen esports diantaranya Indonesia Games Championship, PES Indonesia Esports Championship (IEC) 2018 dan Baywalk Games Festival (BGF). Dengan visi meningkatkan dan memperkuat ekosistem eSports di Indonesia, DG Stadium siap menjadi venue pertandingan sekaligus pembibitan tim-tim eSports game populer seperti Mobile Legends: Bang Bang, AoV, PUBG, VainGlory, CS GO, DotA2, LoL dan lainnya. (Baca agenda lengkap Telkomsel Dunia Games Esports)

Bpk. Cristian selaku pihak Optima menuturkan selain sebagai venue Tourney, Dunia Games Stadium juga diperuntukan sebagai iCafe yang terbuka untuk umum. Untuk lebih memaksimalkan value dan fasilitas, para pengguna diarahkan dengan sistem membership. “Konsepnya sebagai iCafe premium yang nyaman dengan koneksi maksimal. Hal pertama dan terutama yang hadir di stadion ini adalah konektivitas 1:1 ke global IP backbone; terobosan baru dan belum pernah dimiliki oleh fasilitas eSports lainnya,” ujar Christian.

Selanjutnya, kami berpindah ke arena hall seluas 800 m2 yang sangat representatif untuk sebuah turnamen dengan estimasi daya tampung 600 hingga 800 orang. Saat ini area iCafe terletak di sebelah kanan stage sudah dapat digunakan. “Area ini juga bisa menjadi function hall yang dapat digunakan untuk tempat seminar, press conference dan coaching clinic,” lanjut Christian seraya menunjukkan.

Nah, selain fasilitas utama, DG Stadium juga terus disempurnakan dengan beberapa area tambahan diantaranya:
Battle Room
Area ini dipersiapkan untuk memungkinkan berkumpulnya sebuah tim yang terisolir dari distorsi sehingga mereka bisa fokus untuk bertanding dengan lawan!

Praying Room, dan Consultation Room
Dua fasilitas unik sebagai penunjang yang wajib ada. Dengan adanya dua fasilitas ini diharapkan kondisi mental dan spritual para gamer bisa lebih prima sehingga pemain bisa fokus dan bermain bagus untuk meningkatkan peluang memenangkan pertandingan

Cafetaria & Merchandise Shop
Akan menyediakan food and beverages bagi pengunjung. Selain itu, spot ini juga bisa digunakan atlet esports untuk berpromo dan berjualan merchandise.

DG Stadium juga mencanangkan beberapa program yang proaktif mendukung kegiatan esports diantaranya coaching clinic secara berkala dengan menghadirkan player pro untuk cabang game yang dimainkan oleh para gamer.

DG Stadium tengah menjalani penyempurnaan untuk fasilitas pelengkap. Venue ini akan menjadi puncak Dunia Games League, yang kini serentak diadakan di 141 kota. Nantinya 13 tim terbaik akan dipertandingkan di tingkat nasional untuk memperebutkan gelar juara pada bulan Maret 2019 di Dunia Games Esports Stadium, Jakarta.

Nah, buat sobat Klikers yang punya tim eSports atau sebagai event organizer ingin  mengadakan turnamen, bisa menghubungi Optima sebagai pengelola di stadion eSports ini. DG Stadium akan siap membantu me-manage jadwal, kegiatan termasuk juga kebutuhan perlengkapan tambahan yang diperlukan.